Tips Sehat Berbuka Puasa yang Baik Dan Benar

Tuesday, May 24th 2016. | Puasa
Advertisement

Tips Sehat Berbuka Puasa yang Baik Dan Benar – Assalammu’alaikum, puji syukur dengan mengucap nama Allah SWT kami redaksi tuntunansholat masih berkesempatan untuk berbagi ilmu Islami kepada pembaca sekalian. Semoga kita selalu berada dijalan-Nya, amiin. Kali ini kita akan berbagi informasi seputar Tips Sehat Berbuka Puasa yang baik dan benar sesuai anjuran Rasulullah SAW dan juga para medis. Tips Sehat Berbuka Puasa kami sajikan kepada pembaca sekalian dengan maksud agar kita tetap sehat dan memperhatikan menu-menu hidangan berbuka puasa walaupun kita bukan pakar gizi tetapi setidaknya kita tau agar keluarga dan sanak saudara yang kita cintai dapat terpenuhi nutrisi pada tubuhnya setelah seharian menjalankan puasa Ramadhan. Tips Sehat Berbuka Puasa Ramadhan ini jika dilakukan dengan benar maka Insya Allah akan menghadirkan kebaikan dan manfaat dalam tubuh serta kehidupan kita. Maka dari itu mari kita ikuti Tips Sehat Berbuka Puasa di bawah ini dengan baik dan benar tentunya.

 Tips Sehat berbuka Puasa

Tips Sehat Berbuka Puasa :

Saat sudah selesai adzan Mahgrib maka segerakan berbuka puasa. Berbuka puasa sebaiknya diawali dengan hidangan makanan yang mengandug kadar gula atau glukosa alami seperti jus buah atau kurma sebagai sarana pemulihan stamina serta energi pada tubuh. Jika kalian memilih menyantap jus buah, usahakan pilih buah yang tidak dalam suhu dingin serta tidak asam.

Advertisement

Tips Sehat Berbuka Puasa yang kedua ialah jangan mengonsumsi hidangan takjil seperti es buah, biji salak atau candil, kolek dan bubur pacar biasa mengandung gula yang terlalu banyak. Kandungan gula yang terlalu banyak seperti itu kurang baik untuk dikonsumsi khususnya ketika berbuka puasa. Walaupun pada realitanya banyak orang berbuka puasa dengan hidangan yang seperti itu.

Tips Sehat Berbuka Puasa selanjutnya yakni konsumsi air agar tidak dehidrasi, usahakan 1,5 sampai 2 liter perhari nya saat berbuka sampai waktu sahur. Lebih baik jika kalian mengonsumsi air putih.

Santap makanan dengan porsi yang secukupnya dan kunyah dengan perlahan saja untuk membantu proses pencernaan dan penyesuaian tubuh setelah berpuasa seharian. Apabila kalian menyantap hidangan yang berlebihan maka akan mengakibatkan sulit BAB atau buang air besar, nyeri pada perut, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Hindari makanan yang berminyak karena bukan makanan yang ideal. Sebab makanan yang berminyak seperti gorengan akan memakan waktu yang lama dalam proses pencernaan dan membuat kalian mudah kenyang tetapi tidak mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

adversitemens

Dan Tips Sehat Berbuka Puasa yang terakhir ialah untuk menu hidangan sahur kalian bisa menyantap hidangan dengan proposisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, serat, lemak, mineral serta vitamin. Jadi jangan asal untuk menganjal perut dan asal makan saja, sebab jika kalian akan asal-asalan dalam menu hidangan sahur maka ditengah waktu berpuasa kitapun sudah merasa lapar.

Kesimpulannya ada enam Tips Sehat Berbuka Puasa yang dapat tuntunansholat sampaikan pada hari ini sesuai dengan sunnah Rasul dan ahli kesehatan atau para medis. Semoga bacaan Tips Sehat Berbuka Puasa ini bermanfaat dan mampu membuka mata kalian untuk lebih selektif lagi dalam hal menu berbuka puasa karena itu penting bagi kesehatan tubuh kita. Terimakasih telah membaca Tips Sehat Berbuka Puasa hingga akhir, simak artikel terdahulu kami tentang Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasul. Jangan berhenti mengikuti update terbaru dariĀ  tuntunansholat.info, Karena hanya disini kumpulan tuntunan sholat dan artikel Islam.

Advertisement
tags: , , , ,