Hikmah Dan Makna Wukuf Di Padang Arofah

Monday, August 1st 2016. | Ibadah Haji
Advertisement

Hikmah Dan Makna Wukuf Di Padang Arofah – Assalammu’alaikum pembaca setia tuntunansholat, akhirnya kita diberi kesempatan untuk berjumpa kembali. Puji syukur alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah SWT yang sudah mengasihi kita, menyayangi kita dan menjaga kita agar tetap dalam lindungan-Nya. Shalawat dan salam yang selalu tercurah untuk Nabi Muhammad SAW, niscaya kita akan mendapatkan syafa’at pada hari akhir kelak, Allahumma amin. Hari sebelumnya kita telah membahas Wukuf di Padang Arafah mulai dari pengertian Wukuf, hukum, waktu pelaksanaan, dan tata cara melaksanakan. Nah, kurang afdol rasanya jika kita belum membahas hikmah dan makna Wukuf di Padang Arofah. Maka dari itulah, hari ini tuntunansholat hadir untuk menyempurnakan materi kali ini dengan membawakan artikel Hikmah dan Makna Wukuf di Padang Arofah. Akan tetapi untuk mengingat materi kali ini, kami akan menjelaskan akan Doa di Padang Arofah setelah itu kita lanjut dengan hikmah dan makna Wukuf ini. Tetap bersama tuntunansholat untuk mendapatkan informasi berharga ini seputar Berdoa di Padang Arofah.

Wukuf

Wukuf ialah salah satu bentuk ibadah yang dilaksanakan jamaah haji di Padang Arofah dengan berdiam diri mulai dari tanggal 9 Dzulhijjah pada saat tergelincirnya matahari tepat pukul 12.00 hingga tanggal 10 Dzulhijjah ketika matahari terbenam. Berdoa di Padang Arofah ini ritual yang penting dan wajib dilaksanakan oleh jamaah haji sebab jika tidak melaksanakan Wukuf maka ibadah hajinya pun tidak sah sebab kegiatan ini merupakan salah satu rukun haji. Maksud dari ibadah Wukuf untuk mengingatkan umat manusia khususnya jamaah haji akan Hari Kebangkitan kelak. Hari Kebangkitan itu sendiri memuliki makna bahwasanya seluruh umat manusia seusai melewat masa tidur yang lama dari kehidupan sebelumnya yang mereka telah jalankan di dunia untuk dipertanggung jawabkan melalui amal perbuatannya. Oleh karena itu, Ibadah ini yang memiliki sejuta makna yang baik bagi kehidupan kita.

Advertisement

Hikmah Dan Makna Wukuf Di Padang Arofah

Jadi itulah tadi makna Wukuf yang sebenarnya, sekarang sebelum kita membahas hikmah dari kegiatan ibadah ini, kita ulas sedikit mengenai sejarah Wukuf di Padang Arofah ini. Ibadah Ini dikerjakan tepat diatas bukit yang disebut Jabal Rahmah pada bagian timur Padang Arofah Kota Mekkah. Asal muasal kata Jabal Rahmah ini dari dua kata yakni Jabal yang berarti gunung ataupun bukit, sedang Rahmah maksudnya ialah kasih sayang. Diyakini bahwa Jabal Rahmah ini ialah tempat bertemunya Nabi Adam as dengan Siti Hawa yang telah terpisah selama bertahun-tahun akibat melanggar aturan yang telah Allah SWT berikan. Kisah tersebut terdapat dalam Qur’an Surah Al-A’rof ayat 19-22, berikut petikan ayat suci tersebut :

Wukuf

 

Sebelum dipertemukan di Jabal Rahmah ini, Nabi Adam as senantiasa bertaubat kepada Allah SWT sepanjang perjalanan untuk menemukan kembali Siti Hawa, doa Nabi Adam as tersebut tercantum dalam QS Al-A’rof ayat 23 seperti di bawah ini :

adversitemens

Wukuf

 

Sementara itu, terdapat peristiwa hebat lainnya di Jabal Rahmah yaitu peristiwa turunnya wahyu terakhir untuk Nabi Muhammad SAW pada saat melakukan doa di padang arafah. Wahyu terakhir yang diterima Rasul ini tertera pada QS Al-Maidah : 3, tak lama mendapatkan wahyu tersebut Rasulullah SAW pun dipanggil oleh Sang Illahi sehingga membuat para kerabat Rasul merasa sedih kehilangan sosok Rasul. Sebelum ajal menjemput, Nabi Muhammad SAW berkhutbah, berikut sepenggal khutbah perpisahan dari Rasul yang dimuat dalam Al-Qur’an Surah Al-Maidah ayat 3 :

Wukuf

 

Jadi, dari sejarah Wukuf di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan ibadah ini sangatlah penting selain termasuk dalam rukun Haji, tetapi juga suatu bentuk ibadah untuk memperingati betapa gigihnya perjuangan Nabi Adam as untuk bertaubat dan akhirnya dapat berjumpa kembali dengan Siti Hawa, serta mempertingati keajaiban yang diperoleh Rasulullah SAW. Sehingga ketika melaksanakan doa di Padang Arofah ini kita mendapatkan banyak sekali hikmat dan safa’at. Semoga artikel Hikmah dan Makna Wukuf ini bermanfaat bagi kalian sehingga kalian dapat mengetahui bahwa di tempat melaksanakan ibadah Wukuf ini terdapat berbagai peristiwa hebat di masa lampau yang perlu kita petik hikmah dari peristiwa tersebut. Simak terus kelanjutan berita Islam berupa artikel Islami maupun tuntunan shalat dan doa keseharian yang perlu kita ketahui sebagai umat Muslim. Jika menemui kesalahan dalam artikel Hikmah dan Makna Wukuf ini kami selaku team tuntunansholat mohon maaf yang setulus-tulusnya, namun sesaat kalian menjumpai kebenaran maka hal tersebut datangnya atas Kehendak Allah SWT. Jumpa dalam artikel selanjutnya ya, Wassalammu’alaikum semua.

Advertisement
tags: , , , , ,